blog post.jpg
SHARE THIS POST

Download Aplikasi Ngedongeng di



Dulu kala, di desa Paluh Amba yang masih masuk dalam wilayah Majapahit, tinggallah Damar Wulan yang merupakan putra dari perdana menteri Majapahit. Sejak ayahnya pensiun, keluarganya tinggal di desa yang tenang dan makmur di luar ibu kota. Sebagai anak yang rajin belajar, maka Damar pun menjadi pribadi yang cerdas. Ia suka belajar apapun, mulai dari seni bela diri, politik, agama, hingga sastra. Ketika ayahnya merasa sudah cukup dewasa, dia meminta Damar mencari pekerjaan di Majapahit dan ia menjadi perdana menteri. Dia berharap hubungan dekatnya dengan perdana menteri yang baru akan membantunya mendapatkan perhatian perdana menteri. Apalagi Damar adalah anak yang pintar sehingga ayahnya yakin Damar mampu melakukan pekerjaan apa pun.


Damar sangat yakin dia akan mendapatkan posisi yang bagus di kantor perdana menteri. Pagi-pagi sekali dia meninggalkan desanya. Siang hari dia sampai di Majapahit dan langsung ke rumah perdana menteri. Perdana Menteri Logender adalah namanya. Para penjaga dengan sinis menanyainya ketika dia memberi tahu mereka bahwa dia akan menemui perdana menteri.


“Kamu pikir kamu siapa?” “Saya Damar Wulan. Saya putra mantan perdana menteri Udara. Ayah saya menyuruh saya untuk melihat perdana menteri di sini.“ Dengan begitu, Damar pun ditertawakan karena ia datang ke sini sebab alasan disuruh oleh ayahnya. Apalagi, Damar datang dengan jalan kaki, sedangkan, perdana menteri tidak datang dengan berjalan kaki. Maka, ia pun diusur. Sebab katanya, perdana menteri adalah pekerjaan yang sangat menyibukkan. Dan pekerjaan ini, tidak punya waktu untuk pencari kerja seperti Damar. Sebaliknya, Damar pun malah disarankan agar ia menjadi pekerja kasar. Maka, jika Damar bersedia, ia akan segera diberikan pekerjaan secepatnya.

blog post.jpg

Download Aplikasi Ngedongeng di



Kemudian prajurit itu melapor kepada atasannya. Damar pun dipanggil agar ia menuju ke kamar komandan. Dia memberi tahu Damar bahwa kantor perdana menteri membutuhkan beberapa anak laki-laki untuk mengurus kuda-kudanya. Damar terkejut karena dia mengharapkan pekerjaan klerikal tetapi kemudian dia menerima tawaran itu. Sejak hari itu dia tinggal di sebuah gubuk sederhana di belakang rumah perdana menteri. Meskipun demikian, Damar tetao bersemangat menjalani pekerjaannya.


Damar melakukan pekerjaan dengan baik sehingga atasannya merasa puas dengannya. Dia juga sangat ramah. Segera dia memiliki hubungan yang baik dengan perdana menteri dan keluarganya, termasuk dengan kedua anak Perdana Menteri, yakni Layang Seto dan Layang Kumitir, dan putrinya yaitu Anjasmoro. Layang Seto dan Layang Kumitir ini memiliki sifat yang besar kepala. Mereka berdua kerap memperlakukan Damar dengan kejam. Sehigga, Damar seringkali mereka minta untuk melakukan sesuatu. Setiap orang membenci mereka tetapi tidak ada yang berani mengungkapkan perasaan mereka. Anjasmoro, sebaliknya, sangat menyukai Damar. Lambat laun dia jatuh cinta pada Damar. Begitu pula Damar. Mereka memiliki cinta rahasia. Mengetahui hal ini, Layang Seto dan Layang Kumitir sangat marah besar. Sehingga, ini berdampak pada Damar yang diperlakukan dengan jahat.

blog post.jpg

Kerajaan Majapahit saat itu menghadapi masalah yang sangat serius karena pemberontakan Menak Jinggo. Ia adalah saudara tiri dari Ratu Kecono Wungu. Dia adalah seorang pangeran Majapahit dan seorang jenderal tentara Majapahit yang sangat dihormati. Atas prestasinya yang luar biasa untuk negaranya, ayahnya mengangkatnya sebagai penguasa Kerajaan Blambangan, negara bawahan di bawah Majapahit. Ketika ayahnya meninggal dia yakin akan menjadi penerusnya. Namun ia sangat kecewa ketika ayahnya malah menunjuk saudara perempuannya. Dia pikir dia lebih cakap dari Kencono Wungu jadi dia memberontak.

Menak Jinggo terbukti sebagai jenderal yang baik. Di bawah kepemimpinannya tentara Blambangan dapat memenangkan beberapa pertempuran dengan tentara Majapahit. Wilayah Majapahit satu per satu jatuh ke tangan Blambangan. Saat itu moral bala tentara Majapahit sudah turun. Mereka tidak yakin bisa memenangkan perang. Hal ini membuat ratu beserta perdana menteri sering bertemu untuk membicarakan situasi yang kian memburuk. Beberapa minggu telah berlalu tetapi mereka tetap tidak memiliki ide untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan, yang terdengar hanyalah perihal kekalahan tentara Majapahit. Perdana Menteri Logender kaget saat istrinya melapor padanya soal perselingkuhan Anjasmoro dan Damar Wulan. Untuk orang yang sangat dihormati seperti dia, itu merupakan pukulan yang sangat serius bagi egonya. Dia adalah orang yang sangat terhormat sementara putrinya berkencan dengan seorang bocah lelaki malang. Itu adalah penghinaan yang serius. Dia tidak bisa menerimanya. Fakta ini membuatnya sangat marah. Ia berpikir keras untuk mencari solusi. Tiba-tiba sebuah ide muncul di benaknya yang tajam ketika dia bermeditasi di tengah malam.


Pagi-pagi sekali dia pergi ke istana dan meminta ratu untuk bertemu. Kemudian dia menjelaskan rencananya. Bahwa, tentara Blambangan itu sangat jago dan kuat. Sedangkan, moral pada tentara kita saat ini sedang menurun. Sehingga, mereka pun menghindari perang terbuka. Sejak sekarang kami harus meluncurkan taktik baru operasi rahasia. Kita harus mengirim pasukan kecil untuk membunuh Menak Jinggo secara diam-diam.“


“Siapa yang akan melakukan itu?” “Saya memiliki penjaga tubuh. Keahliannya dalam seni bela diri sangat bagus. Dia sangat mampu dalam pertarungan individu. Jadi dia siap untuk tugas ini. Saya yakin dia orang yang tepat “ “Oke, saya pikir Anda benar. Kirim dia secepatnya ke Blambangan. Jika dia bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, saya akan memberinya hadiah besar “




blog post.jpg

Download Aplikasi Ngedongeng di



Sesampai di rumah, Logender langsung menelepon Damar Wulan. Dia bertanya tentang keterampilan seni bela dirinya. Damar berkata dia telah menguasai beberapa keterampilan bertarung. Alhasil, dia sangat ahli dalam menggunakan pedang, tombak, serta teknik bertarung tangan kosong maka, ia pun diminta oleh Logender untuk melawan Layang Seto dan Layang Kumitir. Keduanya bertengkar secara emosional karena mereka sangat membenci Damar. Tapi Damar cerdas, terampil, kuat dan tangguh. Hanya dalam beberapa menit dia bisa mengalahkan keduanya tanpa kesulitan. Logender marah tetapi juga puas karena dia menemukan cara untuk menyingkirkan kedua masalah tersebut - rumahnya dan negaranya.


“Damar, kamu adalah petarung yang hebat. Saya sangat bangga padamu. Dan itulah mengapa Anda akan menerima kehormatan besar untuk memperjuangkan negara Anda. Sekarang terjadi pemberontakan di Majapahit. Raja Blambangan telah melakukan kejahatan. Namanya Menak Jinggo. Ia bisa ditemui di kerajaan. Apakah kamu siap?” “Saya siap kapan saja Pak.”


Mereka pun diminta untuk menyiapkan segal hal yang akan diperlukan untuk berangkat menuju ke Blambangan secara diam-diam. Hal ini bersifat rahasia, maka tidak ada yang boleh memberitahukan tentang ini. Saat Menak Jinggo terbunuh maka agar kepalanya dipenggal. Jika Anda dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik, Anda akan dipromosikan ke posisi tinggi sebagai panglima tentara Majapahit. “Ya pak. Saya sangat senang menerima pesanan ini. Aku akan melakukan yang terbaik.”

blog post.jpg
ZAP
November 2022 with