cerita dongeng akibat bersikap marah part3.jpg
SHARE THIS POST

Download Aplikasi Ngedongeng di

Cerita Fabel Anak Dinosaurus, Dino dan Dini


Alkisah di zaman purbakala, ada dua ekor dinosaurus kembar yang memiliki kepribadian yang berbeda. Dino memiliki sifat pemarah sedangkan sebaliknya Dini dikenal sebagai dinosaurusa yang lembut hatinya. Suatu hari ketika Dino sedang mencari makan, tiba-tiba mimi, si monyet usil melempar kulit pisang ke kepala Dino. Dino pun marah dan berteriak sekencang-kencangnya hingga membuat telinga hewan disekitarnya menjadi sakit.

“Sudaaahhh hentikan Dino,” ujar Mimi kepada Dino.

“Siapa yang melempar pisang ke kepalaku hahh? Dino tidak suka itu,” bentak Dino kepada Mimi.

“Iya deh aku ngaku. Aku tadi tidak sengaja membuang kulit pisang dan aku tidak tahu kalau dibawah pohon ada kamu Dino, “ujar Mimi kpada Dino.

“Kau ini memang selalu usil. Aku tidak akan memaafkanmu kali ini arrrrggghhh,” bentak Dino kepada Mimi.

Pertengkaran demi pertengkaran terus terjadi diantara Dino dan Mimi. Dino lebih sering bertengkar dengan teman-teman hewan lainnya. Kadang ia tak peduli begitu kerasnya suaranya sampai salah seorang hewan sakit karena tidak tahan mendengar suara keras Dino. Kemarahan demi kemarahan yang selalu ditunjukkan Dino kepada teman-temannya membuat Dini merasa sedih. Ia sangat menyesali sikap Dino yang mudah marah terhadap keusilan teman-temannya. Ia selalu bersedih ketika teman-teman hewan lainnya juga turut memusuhinya. Tidak di rumah bahkan di sekolah pun Dini selalu diperlakukan tidak baik oleh teman-temannya.

cerita dongeng akibat bersikap marah.jpg

Download Aplikasi Ngedongeng di

Cerita Fabel Anak Akibat Bersikap Marah


“Dino, tidakkah kau lelah marah-marah terus? Aku tidak mau teman-temanku menjauhiku hanya karena mereka takut denganmu. Kalau begini caranya kita tidak perlu datang ke sekolah karena mereka sudah benci melihat kita,” kata Dini dengan sedih.

“Haaahhh sudahlah. Untuk apa kau memikirkan mereka. Kita sekolah bukan demi mereka. Aku tidak peduli. Kalau kau tidak mau sekolah lagi ya tidak apa-apa. Aku tidak membutuhkan mereka sebagai temanku,” ujar Dino lalu memalingkan wajahnya.

“Kau ini jahat sekali. Mereka kan hanya ingin bercanda denganmu. Mereka tidak punya maksud apa pun selain ingin berteman dekat denganmu. Tapi kalau kamu marah-marah terus, mereka juga pasti sedih sama sepertiku. Mereka tentu kecewa dengan sikap kamu. Kumohon Dino, berubahlah menjadi teman yang baik,” bujuk Dini kepada Dino.

“Sudah kubilang aku tidak mau diatur. Sana pergi. Kamu saja yang berteman dengan mereka,” hardik Dino.

“Hm, baiklah. Kalau begitu aku akan benar-benar meninggalkanmu. Kalau ada terjadi sesuatu, jangan panggil namaku. Aku akan menuruti permintaanmu. Untuk terakhir kalinya aku memohon agar kamu menjadi teman yang baik bagi semua hewan,” kata Dini menjelaskan.

cerita dongeng akibat bersikap marah part2.jpg

Cerita Fabel Anak Hindari Bersikap Amarah


Setelah tidak mendapat jawaban, Dini pun pergi meninggalkan Dino. Sebenarnya ia merasa sedih karena harus beerpisah dengan saudaranya. Namun Dino telah memintanya pergi sehingga ia tak bisa menolak permintaan saudaranya tersebut. Dilain keadaan, Dino terdiam lalu memikirkan semua kata-kata Dini terhadapnya. Ia benar-benar mulai memikirkan apa yang sudah ia lakukan kepada saudaranya. Padahal ia dulu pernah berjanji kepada ayah dan ibunya untuk selalu menjaga Dini dan selalu bersama-sama. Namun kali ini Dino benar-benar ditinggal pergi oleh saudaranya sendiri. Berhari-hari ia tidak datang ke sekolah hanya untuk memikirkan apa yang sudah ia lakukan terhadap Dini. Hingga suatu hari, ketika Dino ingin istirahat tiba-tiba Mimi menghampirinya dan berkata,

“Aduhai kasihan sekali kamu, Dino. Sudah tidak punya teman ditinggal saudara pula. Mengapa kamu tidak mencari Dini saja? Apa kamu sudah terlanjur malu dengan perbuatanmu? Hahaahaha”, hardik Mimi kepada Dino.

“Apa kau bilang? Aku tidak pernah menyesal pernah bertengkar denganmu. Kau ini monyet yang menyebalkan. Selalu membuat onar dan tidak suka diusik. Pergi sana. Aku tak akan berbicara denganmu lagi,” kata Dino dengan kesal. Setelah Mimi pergi, ia pun kembali memikirkan kata-kata Mimi barusan. “Benar juga apa yang dikatakan Mimi. Mengapa tidak kucari saja Dini. Tapi apakah dia mau memaafkanku?” tanya Dino dalam hati.

Hari berganti hari, musim berganti musim. Semua hewan bersuka cita karena musim panas akan tiba. Namun tidak dengan Dino. Ia terus mencari Dini dan belum menemukan Dini semenjak ia terakhir pergi. Dino sudah mulai putus asa. Ia pun memutuskan untuk berhenti mencari Dini dan beristirahat di sebuah pohon beringin yang rimbun.

“Maafkan aku ibu. Aku tidak bisa menjaga saudaraku sendiri. Aku hanya memikirkan diriku saja. Sekarang aku sendirian. Dini tak kunjung ditemukan. Ibu, tolong aku...” keluh Dino sambil menangis.

Cerita_Fabel_Anak_Dinosaurus_Si_Dino_dan_Dini.jpg

Download Aplikasi Ngedongeng di

Cerita Fabel Anak Memberikan Pesan Mendidik tanpa Hardik


Tiba-tiba angin behembus kencang dan menerbangkan daun-daun disekitar pohon beringin. Tampak dari kejauhan, Dino melihat segerombolan dinosaurus lainnya berjalan kearahnya. Namun ketika dipertigaan mereka berpencar satu sama lainnya, kecuali seekor dinosaurus betina yang terlihat kurus. Ketika Dino melihat kearah dinosaurus tersebut, ia begitu mengenali sorotan mata saudaranya, Dini. Seketika itu pula Dino berlari kearah Dini dan memeluk saudaranya.

“Maafkan aku Dini. Aku sudah banyak mengecewakanmu. Aku sudah membuatmu dijauhi oleh teman-temanmu. Mulai sekarang aku janji aku tidak akan menjadi Dino si pemarah lagi,” ujarnya dengan penuh harap.

“Kaukah ini dino? Aku senang mendengarnya. Tapi bagaimana kau bisa tahu aku tinggal di sekitar sini?” tanya Dini kepada Dino.

“Aku hanya berisitirahat dibawah pohon beringin itu. Aku hampir putus asa mencarimu. Aku janji aku tidak akan nakal lagi,” kata Dino meyakinkan.

“Syukurlah. Ayo kita pulang. Aku juga rindu dengan rumah lamaku,” jawab Dini. Sepanjang perjalanan, dua saudara kembar tersebut saling menjaga satu sama lainnya. Mereka tak hanya kompak didalam kehidupan sehari-hari tetapi juga kompak dalam hubungan pertemanan hingga prestasi di sekolah.

cerita dongeng akibat bersikap marah part3.jpg